Rekayasa Perangkat Lunak

Wahyu Raja Butar-Butar Reply 18:42
Pengertian Sistem:
Menurut Jogiyanto H.M (2003 : 34), menyatakan bahwa sistem dapat didefinisikan dengan pendekatan prosedur dan dengan pendekatan komponen.
Pendekatan sistem yang menekankan pada prosedurnya mendefinisikan sistem sebagai berikut : “Sistem adalah kumpulan dari prosedur-prosedur yang mempunyai tujuan tertentu”.
Contoh sistem yang didefinisikan dengan pendekatan komponen adalah sistem komputer yang didefinisikan sebagai kumpulan dari perangkat keras dan perangkat lunak.
Karakteristik Sistem
Suatu sistem mempunyai karakteristik atau sifat-sifat tertentu, yaitu:
1) Komponen
Suatu sistem terdiri dari sejumlah komponen yang saling berinteraksi untuk membentuk satu kesatuan, dapat berupa satu subsistem-subsistem ataupun bagian-bagian dari sistem untuk menjalani fungsi tertentu dan mempengaruhi proses secara keseluruhan.
2) Batasan Sistem
Batasan sistem adalah daerah yang membatasi suatu sistem dengan sistem lainnya, dan dapat pula menunjukkan ruang lingkup dari  sistem.
3) Lingkungan Luar Sistem
Lingkungan luar sistem adalah sesuatu di luar batasan sistem yang dapat mempengaruhi jalannya operasi sistem.
Lingkungan ini harus dapat dikendalikan agar lingkungan luar yang menguntungkan dapat terus dan yang merugikan dapat dicegah supaya tidak mengganggu kelangsungan sistem. Dalam rekayasa sistem informasi, lingkungan disebutkan sebagai sumber atau tujuan yang berupa objek dapat memberikan masukan atau menerima keluaran dari sistem.
4) Penghubung Sistem
Merupakan media penghubung antara subsistem lainnya yang merupakan sumber-sumber daya mengalir diantara subsistem-subsistem. Keluaran dari subsistem akan menjadi masukan bagi subsistem yang lainnya membentuk satu kesatuan dengan melalui media penghubung.
5) Masukan Sistem
Masukan sistem adalah Data yang berupa masukan dari sistem berjalan…
Keluaran Sistem
Keluaran adalah hasil dari sistem yang telah dibuat berdasarkan sistem kebutuhan user atau pengguna.
6) Pengolahan Sistem
Pengolahan sistem adalah bagian dari sistem yang melakukan pengolahan energi masukan sehingga menghasilkan keluaran.
7) Sasaran Sistem
Sasaran adalah hasil yang ingin dicapai oleh sistem, sehingga suatu sistem pasti memiliki tujuan atau sasaran. Sasaran sistem akan sangat menentukan masukan yang dibutuhkan sistem dan keluaran yang dihasilkan sistem. Suatu subsistem akan dikatakan berhasil bila sistem dapat mencapai sasaran atau tujuannya.
Dalam pengembangan Sistem Informasi terdapat beberapa tahapan, diantaranya:
a) Kebijakan dan perencanaan Sistem
b) Analisa sistem
c) Desain sistem secara umum
d) Desain sistem secara rinci
e) Seleksi sistem
f) Implementasi sistem
g) Perawatan sistem
Dari tahapan-tahapan pengembangan sistem tersebut yang utama adalah Analisa sistem, Desain sistem dan Implementasi sistem.

Related Posts

Knowledge 6517917248197959685
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Post a Comment

Search

Google+ Followers

Popular Posts

Translate