CARA CEPAT MENGHITUNG OPERASI HITUNG PECAHAN DESIMAL

Wahyu Raja Butar-Butar 1 20:54
ada dasarnya, "OPERASI HITUNG PECAHAN DESIMAL", (baik untuk Penjumlahan, Pengurangan, Perkalian maupun Pembagian), tidak ada perbedaan alias sama saja dengan operasi hitung "Bilangan Bulat". Hanya saja pada OPERASI HITUNG PECAHAN DESIMAL, kita ditambahi pekerjaan, harus menggunakana proses susun, dengan tujuan agar lebih mudah ketika meluruskan tanda koma (pada Penjumlahan/Pengurangan), dan mengamati jumlah Desimal (jumlah angka dibelakang koma), terutama pada Operasi hitung Perkalian dan Pembagian.
Dengan Bismillaahirrahmaanirrahiim mari kita bersama sama belajar kembali tentang "OPERASI HITUNG PECAHAN DESIMAL".

1.Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Desimal
 
Pada OPERASI HITUNG PECAHAN DESIMAL, untuk Penjumlahan dan Pengurangan, sebaiknya kita gunakan metode Penjumlahan/Pengurangan susun, dan caranya sama dengan Penjumlahan/Pengurangan Bilangan Bulat, yaitu dengan meluruskan angka satuannya.  yang mesti kita cermati adalah bahwa angka yang tepat di depan koma itu adalah angka satuan, maka akan lebih mudah diingat bila bahasanya kita ubah menjadi “ yang diluruskan adalah koma”

Contoh :

a.       Penjumlahan :

Untuk lebih meningkatkan daya ingat, sengaja saya berikan dulu Contoh Penjumlahan Bilangan Bulat dengan angka yang sama Pada pengerjaan pecahan desimal : 
9876 + 5432 = ......
Dengan Penjumlahan susun, yang diluruskan adalah angka satuan 
yaitu angka 6 harus lurus dengan angka 2menjadi seperti ini :



Contoh Penjumlahan Pecahan Desimal, misal  : 
98,76 + 5,432 =......
Dengan Penjumlahan susun, yang diluruskan adalah angka satuan, 
yaitu angka yang tepat didepan tanda koma (8dan5), 
atau dengan bahasa yang lebih mudah diingat adalah yang diluruskan tanda koma nya.

Untuk mempermudah hitungan. silakan beri angka nol! pada bagian kosong, dengan tujuan untuk meluruskan dengan angka diatas atau dibawahnya.

Pada Bilangan Pecahan Desimal, penambahan angka nol sebanyak apapun, didepan sekali atau dibelakang sekali (tidak ditengah), tidak akan mempengaruhi/mengubah nilai Bilangan Pecahan Desimal tersebut.
maka akan menjadi seperti ini :



b.       Pengurangan :
Untuk lebih meningkatkan daya ingat, sengaja saya berikan dulu Contoh Pengurangan Bilangan Bulat dengan angka yang sama pada pengerjaan Pecahan Desimal : 
9876 - 5432 = 4444
Dengan Pengurangan susun, yang diluruskan adalah angka satuan yaitu angka 6 harus lurus dengan angka 2 menjadi seperti ini :



Contoh Pengurangan Pecahan Desimal, misal  : 
98,76 - 5,432 = 93,328
Dengan Pengurangan susun, yang diluruskan adalah angka satuan, yaitu angka yang tepat didepan tanda koma ( 8 dan 5 ), atau dengan bahasa yang lebih mudah diingat adalah yang diluruskan tanda koma nya, sedang untuk meluruskan angka paling belakang maka kita beri saja angka 0 pada pada bagian paling belakang sampai jumlah angka Desimalnya sama (jumlah angka dibelakang koma sama, 98,76menjadi 98,760 seperti ini :


   


2.Perkalian dan Pembagian Pecahan Desimal:

Untuk Perkalian tidak mesti menggunakan cara susun, (misalnya kerja sama dengan kalkulator. heheheh). kecuali karena itu dibutuhkan, sedang untuk pembagian kalau dibutuhkan silakan menggunakan cara PEMBAGIAN SUSUN. Namun dengan tujuan lebih mudah difahami, disini saya akan memberikan contoh angka ringan saja, artinya hitungan tersebut terbilang mudah, sehingga tidak memerlukan cara Perkalian susun/Pembagian susun.

Yang sangat perlu diperhatikan pada Operasi Perkalian dan Pembagian susun adalah "JUMLAH ANGKA DIBELAKANG KOMA"

- Kerjakan Perkalian dengan membuang terlebih dahulu tanda koma, setelah selesai baru kita hitung jumlah angka dibelakang koma pada bilangan dikali dan angka dibelakang koma pada bilangan pengali, lalu dijumlahkan angka dibelakang koma itu untuk menentukan jumlah angka dibelakang koma pada jawaban.

- Kerjakan Pembagian dengan membuang terlebih dahulu tanda koma, setelah selesai baru kita hitung jumlah angka dibelakang koma pada bilangan dibagi dan angka dibelakang koma pada bilangan pembagi, lalu jumlah angka dibelakang koma pada bilangan dibagi dikurangi jumlah angka dibelakang koma pada bilangan pembagi, itu untuk menentukan jumlah angka dibelakang koma pada jawaban,
# bila jumlah angka dibelakang koma sama, berarti angka dibelakang koma =habis, jawaban tidak memiliki angka dibelakang koma, alias menjadi bilangan bulat.
# bila jumlah angka dibelakang koma pada bilangan dibagi, jumlahnya lebih sedikit dari jumlah angka dibelakang koma pada bilangan pembagi, maka akan terjadi kekurangan, kekurangan itu dibayar dengan nol dibelakang jawaban, jumlah nol tambahan dibelakang jawaban harus sama dengan kekurangan angka dibelakang koma pada hasil pengurangan jumlah angka dibelakang koma pada bilangan dibagi dikurangi jumlah angka dibelakang koma pada bilangan pembagi.

Contoh :

a.       Perkalian

Contoh Perkalian Bilangan Bulat : 
3075 x 123 = 378225


Contoh Perkalian Pecahan Desimal misalnya : 
30,75 x 12,3 = 378,225

Untuk jumlah Desimal pada jawaban, kita tinggal menambahkan jumlah Desimal pada angka mengalikan (30,75dua angka desimal dan pada angka yang dikalikan (12,3) satu angka desimal,

dua desimal ditambah satu desimal = tiga desimal, berarti tiga angka dibelakang koma(tiga Desimal) yaitu 225 (tiga angka dihitung dari belakang) makanya pada jawaban tertulis378,225

Contoh lain Perkalian Pecahan Desimal misalnya : 
3,075 x 1,23 = 3,78225

jumlah Desimal pada jawaban, kita tinggalmenambahkan jumlah Desimal pada angka mengalikan (3,075tiga desimal 
dan pada angka yang dikalikan (1,23dua desimal, 

tiga desimal ditambah dua Desimal = lima desimal berarti lima angka dibelakang koma (tiga Desimal) yaitu 78225 (lima angka dihitung dari belakang) makanya pada jawaban tertulis 3,78225


b.      Pembagian

Contoh Pembagian Bilangan Bulat : 
3075 : 123 = 25

Contoh Pembagian Pecahan Desimal misalnya : 
30,75 : 12,3 = 2,5

Untuk jumlah Desimal pada jawaban, kita tinggal mengurangkankan jumlah Desimal pada angka mengalikan (30,75dua desimal, 
dengan angka yang dikalikan (12,3satu desimal, 

dua desimal dikurangi satu desimal =satu desimal. berarti satu angka dibelakang koma (satu Desimal), yaitu 5 (satu angka dihitung dari belakang) makanya pada jawaban tertulis 2,5

Contoh Pembagian Pecahan Desimal yang lain misal : 
30,75 : 1,23 = 25

jumlah Desimal pada jawaban, kita tinggalmengurangkankan jumlah Desimal pada angka mengalikan (30,75dua desimal
dengan angka yang dikalikan (1,23dua desimal

dua desimal dikurangi dua desimal = habis.berarti tidak ada angka dibelakang koma, makanya pada jawaban tertulis 25

Contoh Pembagian Pecahan Desimal yang lain lagi misal : 
307,5 : 1,23 = 250

jumlah Desimal pada jawaban, kita tinggalmengurangkankan jumlah Desimal pada angka mengalikan(307,5satu desimal
dengan angka yang dikalikan(1,23dua desimal

satu desimal dikurangi dua desimal = kurang satu desimal. berarti tidak ada angka dibelakang koma, malahan kurang satu desimalitu harus kita bayar dengan penambahan angka satu buah angka 0 dibelakang jawaban, makanya pada jawaban tertulis 250

Contoh Pembagian Pecahan Desimal yang laiiin lagi misal : 
3,075 : 12,3 = 0,25

jumlah Desimal pada jawaban, kita tinggalmengurangkankan jumlah Desimal pada angka mengalikan(3,075tiga desimal
dengan angka yang dikalikan(12,3satu desimal

tiga desimal dikurangi satu desimal = dua desimal. berarti pada jawaban akan ada dua angka dibelakang koma, makanya pada jawaban tertulis 0,25

Contoh Pembagian Pecahan Desimal yang terakhir, misal : 
3,075 : 123 = 0,025

jumlah Desimal pada jawaban, kita tinggalmengurangkankan jumlah Desimal pada angka mengalikan (3,075tiga desimal
dengan angka yang dikalikan (123tidak ada angka desimal

tiga desimal dikurangi tidak ada desimal = tetap tiga desimal. berarti ada tiga angka dibelakang koma, makanya pada jawaban tertulis0,025

Demikian tentang Operasi hitung Pecahan Desimal, semoga bisa bermanfaat bagi pembaca semuanya

Sumber : http://mialfalahiyahplompong.blogspot.com/2013/11/operasi-hitung-pecahan-desimal.html

Related Posts

Tips 7695051472161942122
Comments
1 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Search

Google+ Followers

Popular Posts

Translate