Pemrograman Visual Dasar

Unknown Reply 6:42 PM
Perulangan (Looping)
Pernyataan perulangan (looping) memungkinkan kita untuk menjalankan satu atau lebih baris kode program secara berulang-ulang.
Banyak tugas terdiri dari operasi yang harus diulang-ulang, dan pernyataan perulangan (looping) merupakan bagian penting dari setiap bahasa pemrograman.
Visual Basic NET 2008 mendukung beberapa pernyataan perulangan (looping), yaitu :
a. For … Next
b. Do Until … Loop
c. Do While … Loop
d. Do … Loop Until
e. Do … Loop While
f. While … End While
Pernyataan For … Next
Struktur penulisan pernyataan For … Next adalah :
For VarLooping = NilaiAwal To NilaiAkhir
PernyataandiLooping1
PernyataandiLooping2
…..
…..
Next
Perulangan For … Next merupakan perulangan yang pasti, karena nilai awal dan nilai akhirnya sudah ditentukan. Setiap satu kali perulangan, VarLooping akan diincrement satu.
Sehingga dapat diketahui, berapa kali perulangan akan dilakukan.
For i As Byte = 1 To 10
RichTextBox1.Text = RichTextBox1.Text & “,” & i.ToString
Next
Pendefinisian variabel dapat ditulis sebelum pernyataan For … Next seperti berikut ini :
Dim i As Byte = 0
For i = 1 To 10
RichTextBox1.Text = RichTextBox1.Text & “,” & i.ToString
Next
Pernyataan Do Until … Loop
Struktur penulisan pernyataan perulangan Do Until … Loop adalah :
Do Until (Kondisi)
PernyataanDalamLooping1
PernyataanDalamLooping2
…..
…..
Loop
Perulangan Do Until … Loop akan diproses selama kondisi bernilai False (Salah).
Kondisi dapat berupa variabel bertipe boolean atau berupa ekpresi yang menghasilkan nilai bertipe boolean.
Dim n As Byte = 1
Do Until (n >= 10)
RichTextBox1.Text = RichTextBox1.Text & “,” & n.ToString
n += 1
Loop
Pernyataan Do While … Loop
Struktur penulisan pernyataan perulangan Do While … Loop adalah :
Do While (Kondisi)
PernyataanDalamLooping1
PernyataanDalamLooping2
…..
…..
Loop
Perulangan Do While … Loop akan diproses selama kondisi bernilai True (Benar).
Kondisi dapat berupa variabel bertipe boolean atau berupa ekpresi yang menghasilkan nilai bertipe boolean.
Dim n As Byte = 1
Do While (n <= 10)
RichTextBox1.Text = RichTextBox1.Text & “,” & n.ToString n += 1
Loop
Pernyataan Do …. Loop Until
Struktur penulisan pernyataan perulangan Do … Loop Until adalah :
Do
PernyataanDalamLooping1
PernyataanDalamLooping2
…..
…..
Loop Until (Kondisi)
Perulangan Do … Loop Until akan diproses selama kondisi bernilai False (Salah).
Kondisi dapat berupa variabel bertipe boolean atau berupa ekpresi yang menghasilkan nilai bertipe boolean.
Pernyataan dalam perulangan minimal diproses satu kali, karena pengecekan kondisi dilakukan diakhir perulangan (Looping).
Dim n As Byte = 1
Do
RichTextBox1.Text = RichTextBox1.Text & “,” & n.ToString
n += 1
Loop Until (n >= 10)
Pernyataan Do …. Loop While
Struktur penulisan pernyataan perulangan Do … Loop While adalah :
Do
PernyataanDalamLooping1
PernyataanDalamLooping2
…..
…..
Loop While (Kondisi)
Perulangan Do … Loop While akan diproses selama kondisi bernilai True (Benar).
Kondisi dapat berupa variabel bertipe boolean atau berupa ekpresi yang menghasilkan nilai bertipe boolean.
Pernyataan dalam perulangan minimal diproses satu kali, karena pengecekan kondisi dilakukan diakhir perulangan (Looping).
Dim n As Byte = 1
Do
RichTextBox1.Text = RichTextBox1.Text & “,” & n.ToString
n += 1
Loop While (n <= 10)
Pernyataan While … End While
Struktur penulisan pernyataan perulangan While … End While adalah :
While (Kondisi)
PernyataanDalamLooping1
PernyataanDalamLooping2
…..
…..
End While
Perulangan While … End While akan diproses selama kondisi bernilai True (Benar).
Kondisi dapat berupa variabel bertipe boolean atau berupa ekpresi yang menghasilkan nilai bertipe boolean.
Perulangan While … End While sama dengan perulangan Do While … Loop.
Dim n As Byte = 1
While (n <= 10)
RichTextBox1.Text = RichTextBox1.Text & “,” & n.ToString n += 1
End While
Array
Dim Angka1 As Integer = 0
Dim Angka2 As Integer = 0
Dim Angka3 As Integer = 0
Angka1 = 1
Angka2 = 2
Angka3 = 3
Array adalah suatu tipe yang dibentuk dari suatu tipe data untuk menyimpan sejumlah item yang bertipe sama.
Array merupakan konsep yang penting dalam pemrograman, karena array memungkinkan untuk menyimpan data maupun referensi obyek dalam jumlah banyak dan terindeks.
Array menggunakan indeks integer untuk menentukan urutan elemen-elemennya, dimana elemen pertamanya dimulai dari indeks 0, elemen kedua memiliki indeks 1, dan seterusnya.
Sebuah array akan menyimpan beberapa item data yang memiliki tipe data sama didalam sebuah blok memori yang berdekatan yang kemudian dibagai menjadi beberapa ruang.
Array adalah sebuah variabel/sebuah lokasi tertentu yang memiliki satu nama sebagai identifier, namun identifier ini dapat menyimpan lebih dari sebuah nilai.
Mendeklarasikan Array
Dim Nama(5) As String
Dim Nama(0 to 5) As String
Dim Angka() As Integer = {1, 3, 5}
Memperbaharui Ukuran Array
Dim Nilai(2) As Integer
…..
…..
ReDim Nilai(4)
Dim Angka() As Integer = {1, 3, 5}
…..
…..
ReDim Preserve Angka(25)
Multidimensi Array
Array multidimensi diimplementasikan sebagai array yang terletak di dalam array.
Dim ArrayMulti(5, 6) As String
Dim ArrayMulti(5, 6) As String
For i As Byte = 0 To 5
For j As Byte = 0 To 6
ArrayMulti(i, j) = “(” & i.ToString & “,” & j.ToString & “)”
Next
Next
For i As Byte = 0 To 5 For j As Byte = 0 To 6
RichTextBox1.Text = RichTextBox1.Text & “;” & ArrayMulti(i, j)
Next
RichTextBox1.Text = RichTextBox1.Text & ControlChars.NewLine
Next
KOMPONEN INTERFACE
Komponen interface adalah komponen yang dapat dilihat oleh user pada saat program dijalankan.
Komponen interface akan berada di form ketika ditambahkan.
Setiap komponen memiliki properti dan metode, properti dari komponen dapat diubah melalui jendela properti pada saat mendisain aplikasi (atau disebut design time).
Properti komponen juga dapat diubah pada saat program berjalan (run time) dengan menambahakan pernyataan-pernyataan didalam program.
Pengubahan pada design time bersifat statis, karena nilai properti sama seperti pada saat disain.
Sedangkan pengubahan pada run time bersifat dinamis, karena pengubahan dapat dilakukan berkali-kali pada saat program berjalan.
Label
Label adalah komponen yang digunakan untuk menampilkan teks (string).
Timer
Timer bukan termasuk komponen interface, tetapi untuk menunjukkan pengubahan properti yang dinamis, kita perlu menambahkannya pada program yang kita buat.
Properti penting pada timer ada dua, yaitu enabled yang berfungsi untuk mengaktifkan timer jika di isi True, dan interval yang berfungsi untuk mengatur berapa lama metode Tick akan diproses (Nilai interval dalam satuan milidetik).
TimeOfDay digunakan untuk membaca jam dari komputer dan ToLongTimeString digunakan untuk mengkonversi dari format Time ke format String dalam bentuk panjang (detik ditampilkan, kalau ToShortTimeString detik tidak ditampilkan) agar dapat digunakan untuk mengganti properti Text dari Label2.
Karena properti Text dari Label2 bertipe String, maka harus dikonversi agar memiliki tipe data yang sama.
Date.Today digunakan untuk mendapatkan tanggal dari komputer dan ToLongDateString untuk mengkonversi tipe tanggal ke String dalam bentuk panjang (ToShortDateString untuk bentuk pendek).
TextBox
Komponen textbox biasa digunakan untuk menerima input dari user, tetapi juga dapat digunakan untuk menampilkan teks (string).
Beberapa properti penting pada textbox yang biasa digunakan dalam membuat program antara lain :
a. Enabled, digunakan untuk mengatur apakah TextBox aktif atau tidak.
b. MaxLength, digunakan untuk mengatur jumlah karakter yang dapat diketik oleh user.
c. PasswordChar, untuk mengatur karakter yang akan ditampilkan ketika user memasukkan karakter.
Normalnya kosong, diisi jika TextBox digunakan untuk input password.
d. ReadOnly, digunakan untuk mengatur apakah textbox bersifat readonly atau tidak
e. TabIndex, digunakan untuk mengatur urutan yang akan dilewati oleh kursor (pointer) pada saat tombol tab ditekan.
f. TabStop, digunakan untuk mengatur apakah kursor (pointer) akan berhenti pada saat ditekan tombol tab.
Button
Button digunakan untuk memberikan pilihan pada user, user dapat memilih Button dengan mengkliknya menggunakan mouse, atau dengan memilih Button dengan tab, kemudian mengklik dengan tombol enter atau tombol spasi.
PictureBox
PictureBox digunakan untuk menampilkan gambar dari file dengan format gif, jpg, jpeg, bmp, wmf, atau png.
Pada properti image terdapat pilihan pada resource context, yaitu local resource jika kita ingin file gambar tetap berada pada folder penyimpanan dan project resource file jika kita ingin file gambar di copy kedalam folder project kita.
Properti SizeMode digunakan untuk mengatur tampilan gambar :
a. Normal, gambar ditampilkan sesuai ukuran aslinya
b. StretchImage, gambar ditampilkan memenuhi ukuran PictureBox
c. AutoSize, ukuran PictureBox menyesuaikan ukuran gambar
d. CenterImage, gambar ditampilkan ditengah
e. Zoom, gambar diatur dengan skala sehingga, gambar dapat tampil seluruhnya didalam PictureBox.
ImageList
ImageList digunakan untuk menampung referensi gambar yang dapat diakses untuk komponen lain.
RadioButton
RadioButton adalah komponen interface yang menyediakan beberapa pilihan, tetapi user hanya dapat memilih satu pilihan.
Properti-properti dari RadioButton yang biasa digunakan dalam membuat program antara lain :
a. Text, digunakan untuk mengubah teks yang menjadi keterangan dari RadioButton tersebut.
b. Enabled, digunakan untuk mengatur apakah status RadioButton aktif atau tidak.
c. Checked, digunakan untuk mengkondisikan RadioButton dengan status dipilih, atau untuk mengecek apakah RadioButton dipilih.
Dalam satu grup biasanya ada satu yang di set True dari awal sebagai pilihan standar.
d. Autosize, digunakan untuk menentukan apakah ukuran RadioButton akan menyesuaikan setting ukuran properti lain atau tidak.
e. Visible, untuk mengatur ketampakan komponen RadioButton.
CheckBox
CheckBox digunakan untuk memberikan pilihan kepada user, dimana user dapat memilih satu atau lebih maupun tidak memilih.
Properti-properti dari CheckBox yang biasa digunakan dalam membuat program antara lain :
a. Text, digunakan untuk mengubah teks yang menjadi keterangan dari CheckBox tersebut.
b. Enabled, digunakan untuk mengatur apakah status CheckBox aktif atau tidak.
c. Checked, digunakan untuk mengkondisikan CheckBox dengan status dipilih, atau untuk mengecek apakah CheckBox berstatus dipilih.
d. Autosize, digunakan untuk menentukan apakah ukuran CheckBox akan menyesuaikan setting ukuran properti lain atau tidak.
e. Visible, untuk mengatur ketampakan komponen CheckBox.
ListBox
ListBox digunakan untuk memberikan pilihan kepada user beberapa pilihan dalam bentuk list (daftar).
Setting pilihan dapat ditentukan apakah user boleh memilih beberapa pilihan atau hanya satu saja.
Properti-properti dari ListBox yang biasa digunakan dalam membuat program antara lain :
a. Items, digunakan untuk mengubah daftar pilihan dalam ListBox.
b. Enabled, digunakan untuk mengatur apakah status ListBox aktif atau tidak.
c. MultiColumn, digunakan untuk mengatur apakah pilihan ditampilkan dalam satu kolom atau banyak kolom.
d. SelectionMode, digunakan untuk mengatur bagaimana user memilih daftar pilihan.
None berarti user tidak bisa memilih daftar pilihan, One berarti user hanya boleh memilih salah satu dari daftar, MultipleSimple berarti user dapat memilih banyak, MultipleExtended berarti user dapat memilih banyak dengan menggunkan kombinasi tombol Ctrl, Shift, Panah, dan Mouse.
e. Visible, untuk mengatur ketampakan komponen ListBox.
ComboBox
ComboBox digunakan untuk memberikan pilihan dalam bentuk dropdown, user hanya dapat memilih satu pilihan.
Properti-properti dari ComboBox yang biasa digunakan dalam membuat program antara lain :
a. Items, digunakan untuk mengubah daftar pilihan dalam ComboBox.
b. Enabled, digunakan untuk mengatur apakah status ComboBox aktif atau tidak.
c. DropDownStyle, digunakan untuk mengatur bentuk tampilan dropdown.
Simple berarti ComboBox ditampilkan dalam bentuk sederhana, menu pilihan dapat dipilih dengan menekan tombol panah dari keyboard.
DropDown berarti pilihan ditampilkan dalam bentuk dropdown, user dapat juga mengetik nilai dari keyboard.
DropdownList berarti menu pilihan ditampilkan dalam bentuk List, user tidak dapat meng-input nilai dari keyboard, hanya dapat memilih dari daftar yang disediakan.
d. Visible, untuk mengatur ketampakan komponen ListBox.
Structure
Penulisan pernyataan secara umum adalah sebagai berikut :
Structure Mahasiswa
Dim NamaVariabel1 As TypeData
Dim NamaVariabel2 As TypeData
Dim NamaVariabel3 As TypeData
……..
……..
……..
End Structure

Related Posts

Programming 2200291801302347397
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Post a Comment

Search

Ikuti Channel Youtube Aku Yaa.. Jangan Lupa di subscribe. Terima kasih.

Popular Posts

Translate