Instal Aplikasi Android Ke SDCARD/Memori

Wahyu Raja Butar-Butar Reply 06:43
Hello teknodroid, sekarang saya mau sharing tentang Apps2sd nih, alias instal aplikasi Android di SDCard. Nih ada beberapa jenis tentang instal aplikasi ke SDCard:
App2SD Froyo
Metode ini sudah menjadi fitur bawaan Android sejak versi 2.2 (Froyo). Dengan metode ini, hanya file .apk saja yang disimpan di sdcard. Data dan dalvik-cache masih di simpan di memori internal. Selain itu, tidak semua aplikasi support apps2sd, tergantung developernya mengijinkan atau tidak untuk memindahkan aplikasi ke sdcard.
App2SD Froyo + Move2SD Enabler (Rooted)
Mirip dengan AppSD Froyo yang diatas, tapi cara ini bisa 'memaksa' aplikasiyang ga support app2sd, jadi bisa diinstal ke sdcard. Tapi biasanya kan developer punya alesan kenapa aplikasinya ga support app2sd, jadi kalo kita mount sdcard ke pc pake usb, bisa jadi ada sesuatu yang bakal eror atau force close.
A2SD / App2SD dengan bikin virtual memory (Rooted)
Cara ini agak ribet, karena kita butuh bikin partisi ext2 atau ext3 di sdcard. Partisi ini nantinya akan digunakan untuk symbolic link folder /data/app, /data/app-private, /data/dalvik-cache atau /data/data. Untuk membuat symbolic link dalvik-cache dan data, disarankan kita menggunakan sdcard berkecepatan tinggi (class 6 atau class 10) agar proses baca dan tulis ke partisi tersebut lancar.

Related Posts

Knowledge 8002116170352033691
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Post a Comment

Search

Google+ Followers

Popular Posts

Translate