Tutorial membuat Forum diskusi SMF

Wahyu Raja Butar-Butar Reply 18:04
Waktu itu saya pernah posting tutorial mengenai CARA MEMBUAT FORUM DISKUSI, namun artikel tersebut hanya menerangkan bagaimana cara kita membuat forum diskusi secara offline (localhost), percuma kan kalo kita bikin nya cuma di localhost.
Nah, di artikel yang sekarang saya akan menjelaskan tentang bagaimana cara untuk membuat forum diskusi agar langsung bisa di akses oleh public atau dengan kata lain dapat di akses secara Online, dan apabila ingin mengetahui tentang pengenalan sedikit mengenai tutorial pembuatan forum diskusi silahkan baca artikel saya yang pertama.
OK, berikut tutorial cara pembuatan forum diskusi (dengan SMF):
1. Yang pertama yang harus kita siapkan dalam pembuatan forum diskusi pertama kali adalah hosting berbayar dan file SMF. Untuk hosting bisa di cari sendiri, dan untuk yang file SMF nya bisa di download di SINI.
2. Setelah memiliki hosting berbayar maka kita dapat masuk ke CPanel, dan di cpanel kita masuk ke “file manager” lalu ke “public.html”, nah kemudian upload lah di situ.
3. setelah upload selesai maka kita extract file nya dan kemudian kita masuk ke “MySql Database” lalu kita buat DATABASE baru (isi username dan password), setelah itu kita buat USER. dan kalo sudah kita buat “user” dan “database” nya selanjutnya kita “add” user untuk database yang tadi kita buat, sehingga hak akses database tersebut berada di “User” yang kita buat tadi.
4. Ketik http://domainkita.com/forum/install.php URL di browser (silahkan ganti domainkita.com dengan domain anda sendiri).
5. Setelah memasuki tahap penginstalan maka kita nanti akan di suguhkan kolom isian yang meminta “Database” dan “User”, lalu ketik saja Nama database dan user yang telah kita buat, selanjutnya tinggal next-next aja :), dan juga kita akan di suruh memasukan data ADMIN untuk forum kita, dan pada tahap akhir penginstalan kita akan di suruh menghapus file, silahkan hapus file yang  di perintahkan.
6. Selesai!. dan untuk melakukan pengeditan bisa anda coba sendiri, karena edit-edit nya gampang koq, tinggal kita aja yang mau modif-modif .
Selamat mencoba.
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Post a Comment

Search

Google+ Followers

Popular Posts

Translate