Efektif dan effisien

Wahyu Raja Butar-Butar Reply 06:27
Seringkah kita  mendengar bos kita, teman kita, partner kita mengatakan “kerjakan yang  efektif dan efisien ya”? Tidak diragukan lagi, kita semua pasti sangat  sering mendengar dua kata utama dalam kalimat tersebut dalam sehari-hari  yaitu kata EFEKTIF dan EFISIEN. Namun tahukan kita akan makna dari  efektif dan efisien? Lalu apakah kita juga tahu mengetahui kalau kita  sudah mengimplementasi dua hal tersebut dalam kehidupan sehari-hari atau  belum?  Well, menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga tahun 2003,  Efektif adalah
1 “ada efeknya” (akibatnya, pengaruhnya, kesannya);
2  “manjur atau mujarab” (tt obat);
3 “dapat membawa hasil; berhasil guna”  (tt usaha, tindakan); “mangkus”;
4 “mulai berlaku” (tt undang-undang,  peraturan).

Pengertian mudahnya adalah tercapai tujuannya. Tercapai tujuannya di  sini tidak melihat parameter berapa lama dan bagaiaman cara yang  dilakukan serta kualitas hasil yang dicapai. Jadi di sini adalah murni  pokoknya tercapai tujuannya. Contohnya Suatu saat atasan kita meminta  kita untuk mengerjakan tugas dan kita mengerjakan dan menyelesaikan  tugas tersebut misalnya memerlukan waktu satu hari setelah perintah,  atau lima hari setelah perintah, atau satu tahun setelah perintah, asal  kita mengerjakan tugas tersebut dan tugas tersebut selesai maka kita  sudah disebut berlaku efektif.  Sedangkan efisien menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi Ketiga  tahun 2003 adalah
1 “tepat atau sesuai untuk mengerjakan (menghasilkan)  sesuatu (dng tidak membuang-buang waktu, tenaga, biaya)”;
2 “mampu  menjalankan tugas dgn tepat dan cermat”; “berdaya guna”; “bertepat  guna”; “sangkil”.  Pengertian mudahnya adalah cara yang tepat, cepat, akurat untuk mencapai  tujuan tersebut. Jadi Pada tataran efiesien inilah dititikberatkan pada  metode optimize untuk mencapai tujuan. Contohnya terkait dengan contoh  pada efektif di atas yaitu kalau tugas yang diberikan atasan tersebut  dapat dikerjakan dana selesai dalam satu hari tetapi kita mengerjakannya  dan menyelesaikan dalam lima hari, berarti kita tidak berlaku efisien.  Dalam case ini, kita baru akan disebut efisien jika dapat mengerjakan  dalam satu hari.  Untuk mempermudah megingat-ingat beda antara efektif dan efisien, kita  dapat menganalogikan dengan peristiwa menembak burung di hutan.    
1. Kita menembak burung dengan Bazoka dan burung kena. Dalam hal  ini, tujuan utamanya tercapai dengan sasaran burung tertembak. Ini  berarti kita sudah berlaku efektif.  
 2. Kita menembak burung dengan senapan angin dan burung kena. Dalam  contoh ini kan sama-sama tujuan tercapai dengan tertembaknya burung,  namun di sini sumber daya yang digunakan tepat, costnya tepat, dan tanpa  pemborosan sumber daya. Jadi di sini lebih efisien daripada memakai  bazoka.  Well, lalu sudahkan anda berlaku efektif dan efisien?

Related Posts

Knowledge 3613881928187016134
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Post a Comment

Search

Google+ Followers

Popular Posts

Translate