HTML5 vs. Flash Untuk Game [infografis]

Wahyu Raja Butar-Butar Reply 17:36
Para gamers mungkin tidak memikirkan teknologi apa yang dipakai dalam sebuah game yang dimainkannya. Mereka hanya berpikir game-nya berjalan secara baik atau tidak. Tentu saja jika berbicara teknologi HTML5 dan Flash, kebanyakan dari game yang dibangun dengan teknologi ini adalah game online, misalnya Zynga Poker, CityVille, FarmVille dan sebagainya.
Dengan teknologi HTML5 yang bisa dipadukan dengan menggunakan CSS3 dan Javascript, banyak yang mulai mengembangkan sebuah game yang tujuannya adalah user dan pengguna tidak perlu lagi memasang tambahan plugin untuk memainkan game. Namun pada kenyataannya (untuk sekarang, pada saat artikel ini dibuat) teknologi  HTML5 baru didukung oleh 40% peramban sedangkan untuk Flash, 99% peramban sudah memberi dukungan.
HTML5 mungkin akan memberikan kenaikan performa pada game dan tidak memberi beban terlalu berat bagi CPU, namun para gamers nampaknya belum menggubris akan nilai positif jika game dibuat dengan teknologi ini. Berbeda kondisi bagi para developer yang ingin mengembangkan game yang bisa jalan dimana saja, misalnya di ponsel, yang mau tak mau harus meninggalkan Flash dan beralih ke HTML5. iPhone bahkan tidak mengenali flash! :D
Mari cermati infografis HTML5 vs Flash untuk game dibawah ini.
HTML5 vs Flash Games
Created by: One More Level
Jika melihat dari timeline, HTML5 baru akan sempurna pada tahun 2022. Masih sangat lama. Namun, jika flash tidak melakukan pembaruan, maka teknologi ini mungkin akan dilupakan pada waktu mendatang.
HTML5 itu sexy, namun Flash masih merajai jika berhubungan dengan game.
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Post a Comment

Search

Google+ Followers

Popular Posts

Translate