ABSTRAK

Wahyu Raja Butar-Butar Reply 18:32

Apa Itu Abstrak??

Sudahkah saudara tahu apa itu abstrak?. Sudahkah anda membaca laporan penelitian?. Ada apa ketika saudara membukanya di halaman- halaman pembuka?. Yup........Betul. Anda akan menjumpai yang namanya Abstrak. 

What is Abstract? Abstrak merupakan uraian ringkas, cermat dan menyeluruh dari isi suatu karangan ilmiah. Abstrak yang baik harus memenuhi syarat – syarat sebagai berikut :
  1. Merupakan uraian singkat, cermat dan menyeluruh sehingga mencerminkan keseluruhan isi judul. Abstrak dapat berdiri sendiri sebagai satu kesatuan yang utuh sehingga dapat dimuat dalam satu majalah yang khusu memuat abstrak.
  2. Tanpa komentar dari pembuatnya diluar apa yang dikemukakan dalam karangan ilmiah.
  3. Dapat dikerjakan orang lain, tetapi sebaiknya dibuat sendiri oleh penulisnya karena ia lebih memahami apa yang disajikan dalam karangan ilmiah tersebut.
  4. Terdapat pada permulaan karangan ilmiah sehingga pembanca segera dapat mengetahui informasi yang disajikan sesuai dengan keperluan.
  5. Isi suatu abstrak sebaiknya jangan melebihi 250 kata atau sekitar 25 baris jika setiap baris terdiri atas 10 kata.
  6. Huruf yang digunakan dalam abstrak sebaiknya berbeda besarnya dengan huruf isi karangan ilmiah.
  7. Sedapat mungkin dihindari pemakaian kalimat aktif, sebaiknya kalimat pasif.
  8. Kepustakaan, singkatan, ilustrasi, grafik dan tabel tak boleh dicantumkan.
  9. Dibawah abstrak sebaiknya dicantumkan kata-kata kunci (key words) sebanyak 3 sampai 10 kata yang kira-kira dapat dipakai untuk mengindeks karangan ilmiah kita dalam karangan ilmiah sejenis. Kata kunci adalah kata-kata yang penting dan paling menonjol dalam karangan ilmiah.
Comments
0 Comments
Facebook Comments by Media Blogger

Post a Comment

Search

Google+ Followers

Popular Posts

Translate